Selasa, 16 Februari 2016

Studi Banding Walikota Bontang 2015

Beberapa waktu lalu HIMIP juga mengadakan Studi Banding ke Walikota Bontang 2015, berikut beberapa penjelasan mengenai hasil studi banding tersebut.
1.Bontang merupakan salah satu kota di Provinsi Kalimantan Timur yang memilik luas daratan sebesar 29,71% (Hutan Lindung, Kawasan Badak NGL, PKT-Bontang, Lahan efektif lainnya) dan luas lautan sebesar 70,29%.
2.       Dikenal sebagai kota industri dan jasa, Pemerintah berusaha membangun karakter SDM yang berbudi luhur untuk meliputi percepatan industri dan jasa meliputi beberapa karakter misalnya, jujur, sabar, antusias, cinta, dan lain sebagainya.
3.        Beberapa masalah yang sedang dihadapi Kota Bontang seperti krisis air dan listrik. Namun, hal ini telah menemukan solusi dengan Graha Power dan Water Treatment.
4.       Beberapa program pemerintah Bontang :
·         Pemenuhan kebutuhan listrik dan air
·         Peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan
·         Prolita (Program 50 juta/RT)
·         Kesempatan kerja
·         Peningkatan Lingkungan Hidup
·         Komitmen bersama
5.       Peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan diwujudkan dalam techno park, geo-spasial dan   autis center.
6.       Techno park meliputi : Petrokimia, pertambangan, Perikanan dan Ilmu kelautan, Inkubator usaha baru.
7.       Dalam sesi diskusi membahas masalah mengenai perkembangan beasiswa Bontang, Prolita (program 50 juta/RT), dan sistem geo-spasial. Beasiswa Bontang terdiri berbagai macam namun yang didiskusikan saat ini adalah beasiswa stimulan, kemudian mengenai Prolita tidak dapat langsung diserahkan anggarannya. Harus ada perencanaannya melalui musrembang, kemudian menandatangani NPHD dan selanjutnya ada SPJ. Untuk sistem geo-spasial sudah dilaunching programnya. Berfungsi untuk menyajikan data yang diinginkan, misalnya sebaran sekolah di Bontang maupun referensi strategi usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar